Macam-macam besaran dan Tegangan Listrik

6Listrik

Banyaknya factor yang mempengaruhi atau tidak di ketahui, sehingga menjadi sulit untuk menentukan secara tepat mengenai perhitungan tegangan yang mungkin timbul akibat kesalahan ke tanah terhadap seseorang yang sedang berada di dalam atau di sekitar gardu induk. Maka diambil beberapa pendekatan untuk menganalisis keadaan dengan kondisi seseorang yang sedang berada di dalam atau di sekitar gardu induk tersebut pada saat terjadinya kesalahan ke tanah. Perbedaan tegangan selama mengalirnya arus gangguan tanah dapat digambarkan sbb:

1. Tegangan Sentuh
Tegangan yang terdapat diantara suatu obyek yang disentuh dan suatu titik berjarak 2 meter, dengan anggapan bahwa obyek yang disentuh dihubungkan dengan kisi-kisi pengetanahan yang berada dibawahnya.

2. Tegangan Langkah
Tegangan yang timbul di antara dua kaki orang yang sedang berdiri di atas tanah yang sedang dialiri oleh arus kesalahan ke tanah. Misalnya jarak antara kedua kaki orang adalah 2 meter dan diameter kaki dimisalkan 9 cm dalam keadaan tidak menggunakan sepatu.

3. Tegangan Pindah
Tegangan ini terjadi apabila pada saat terjadi kesalahan orang berdiri di dalam gardu induk, dan menyentuh suatu peralatan yang terkena tanah pada titik jauh sedangkan alat tersebut dialiri oleh arus kesalahan ke tanah. Tegangan pindah akan sama dengan tegangan pada tahanan kontak pengetanahan total. Tegangan pindah sulit untuk dibatasi, tapi biasanya konduktor-konduktor telanjang yang terjangkau oleh tangan manusia telah diisolasi.

4. Tegangan Listrik
Terdapat muatan listrik positif dan negatif dalam suatu sumber energy listrik yang terpisah sebagai contoh suatu accumulator atau batere yang memiliki muatan listrik positif pada terminal positif dan muatan listrik negatif pada terminal negatif. Perbedaan muatan listrik pada kedua terminal sumber energi listrik tersebut akan mengakibatkan gaya tarik menarik antara kedua muatan, semakin besar perbedaan muatan listrik yang ada maka semakin besar gaya tarik menarik antara muatan listrik positif dan negatif. Besarnya perbedaan muatan listrik tersebut disebut sebagai tegangan listrik. sebainya jika anda sedang beraktivitas dengan lingkungan listrik, gunakanlah sepatu safety untuk listrik. Tegangan listrik memiliki satuan volt (V). Tegangan Listrik Terjadi Apabila :

– Antara pasangan elektron yang rapat dan kurang rapat.
– Antara tempat yang mempunyai kerapatan elektron yang tinggi dan rendah
– Antara tempat yang kekurangan elektron dan yang kelebihan electron

5. Arus Listrik
Arus listrik dapat mengalir pada suatu penghantar listrik (konduktor), arus listrik terjadi apabila dua kutub yang bermuatan listrik berbeda pada suatu sumber listrik dihubungkan menggunakan suatu bahan konduktor. Arus listrik mengalir dari medan listrik dengan potensial yang lebih tinggi ke medan listrik dengan potensial lebih rendah. Arus listrik terjadi akibat beda potensial atau tegangan listrik antara kedua kutub dengan muatan listrik yang berbeda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s